Pembelajaran Make a Match dan Kartu Domino Pintar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Operasi Pecahan Pada Siswa SMP Negeri 1 Donomulyo

Setyawati, Aulia (2019) Pembelajaran Make a Match dan Kartu Domino Pintar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Operasi Pecahan Pada Siswa SMP Negeri 1 Donomulyo. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas VII-F SMPN 1 Donomulyo masih monoton dan kurang inovatif, sehingga siswa kurang antusias belajar matematika dan mempengaruhi rendahnya prestasi belajar. Oleh karena itu, perlu digunakan pembelajaran inovatif untuk mengaktifkan siswa. Model pembelajaran tersebut adalah make a match dan permainan kartu domino pintar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model make a match dan permainan kartu domino pintar yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi operasi bilangan pecahan serta mendeskripsikan besarnya peningkatan prestasi belajar siswa. Kelebihan dari pembelajaran make a match dan kartu domino pintar adalah memudahkan siswa memahami pembelajaran, membuat siswa tidak jenuh, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta meningkatkan motivasi, pemahaman, dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis PTK. Sumber data adalah guru dan siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Donomulyo Kabupaten Malang. Prosedur pengumpulan data meliputi tes tulis, observasi, dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran model make a match dan kartu domino pintar diawali dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen, menjelaskan materi, membagikan kartu soal, dan menjelaskan aturan permainan. Setiap kelompok diminta berdiskusi untuk memasangkan kartu soal dengan kartu jawaban dan dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil diskusi. Berikutnya, guru mengadakan permainan kartu domino pintar dengan membagikan kartu, menjelaskan aturan permainan dan meminta kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Selanjutnya, guru memberikan hadiah kepada kelompok pemenang serta membantu menyimpulkan materi pelajaran. Hasil pembelajaran dengan model make a match dan permainan kartu domino pintar menunjukkan peningkatan pada setiap siklus. Persentase ketuntasan belajar pada tahap pratindakan sebesar 17, 85%, pada siklus 1 menjadi 71,43%, dan pada siklus 2 menjadi 89,29%. Dengan demikian, peningkatan prestasi dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 53,58%, sedangkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 17,86%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Kartu Domino Pintar, Operasi Bilangan Pecahan
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Aulia Setyawati ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:28
Last Modified: 23 Feb 2023 13:28
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5370

Actions (login required)

View Item View Item