Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar

Mardini, Ima Gita (2018) Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Doko kelas VIIIC, yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi teorema pythagoras yang memiliki validitas baik sebagai media belajar matematika. (2) mengetahui keefektifan penggunaan video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Pengembangan video pembelajaran ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menghasilkan video pembelajaran dengan durasi video selama 12 menit. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode milik Borg and Gall, yang meliputi 7 langkah pengembangan, yaitu (1) research and information collecting, (2) Planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) operasional field testing, (7) final product revision. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing yang telah diuji kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran, secara keseluruhan menunjukan hasil yang sangat baik. (2) video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 1 Doko dengan peningkatan gain dari aspek control diri sebesar 0,48, aspek percaya diri sebesar 0,47, aspek bertanggungjawab sebesar 0,35, aspek inisiatif sebesar 0,38 dan aspek ketidaktergantungan sebesar 0,45. Dan keefektifan penggunaan video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing memiliki nilai interpretasi gain rata-rata sebesar 0,44 pada kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji kelayakan video berbasis penemuan terbimbing layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 1 Doko. Penggunaan video pembelajaran teorema pythagoras berbasis penemuan terbimbing efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Saran bagi penelitian selanjutnya, sebaiknya materi yang dikembangkan lebih dari satu KD (Kompetensi Dasar), sedangkan untuk uji cobanya bisa dilakukan tidak hanya pada satu sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemandirian Belajar, Teorema Pythagoras, Video Pembelajaran
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Ima Gita Mardini ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:28
Last Modified: 23 Feb 2023 13:28
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item View Item