Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Kategori Watson Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pokok Lingkaran

Ningsih, Neni (2019) Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Kategori Watson Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pokok Lingkaran. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di MTs Al Ihsan Turen pengerjaan soal matematika yang dilakukan di kelas VIII masih terdapat kesalahan-kesalahan yang perlu dicari penyebabnya. Dalam penelitian ini peneliti menganalisa kesalahan peserta didik menggunakan kategori kesalahan Watson yang meliputi: (i) data tidak tepat (inappropriate data/id), (ii) prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), (iii) data hilang (omitted data/od), (iv) kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), (v) konflik level respon (response level conflict/rlc), (vi) manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), (vii) masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp), dan (viii) selain ketujuh kategori di atas (above other/ao). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan kategori Watson serta penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan kategori Watson. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII Mts Al-Ihsan Turen tahun ajaran 2017/2018. Hasil yang disimpulkan dari penelitian ini antara lain: terdapat 5 macam kesalahan dalam data tidak tepat, 5 macam kesalahan dalam prosedur tidak tepat, 4 macam kesalahan dalam data hilang, 1 macam kesalahan dalam kesimpulan hilang, 2 macam kesalahan dalam konflik level respon, 2 macam kesalahan dalam masalah hirarki keterampilan, dan 1 macam kesalahan dalam selain delapan kategori di atas. Penyebab kesalahan dalam penelitian ini meliputi : (i) dalam data tidak tepat, peserta didik belum memahami maksud serta penerapan konsep yang belum benar, (ii) dalam prosedur tidak tepat, peserta didik kurang teliti dalam dalam operasi perkalian serta salah dalam prosedur pengerjaan, (iii) dalam data hilang, peserta didik ada salah satu tahap yang belum dikerjakan, (iv) dalam kesimpulan hilang, peserta didik belum mampu dalam menyimpulkan hasil akhir, (v) dalam konflik level respon, peserta didik menuliskan jawaban seadanya tanpa menggunakan cara yang sesuai dengan konsep yang sebenarnya, (vi) dalam masalah hirarki keterampilan, peserta didik belum mampu merubah rumus dasar menjadi rumus yang diminta, (vii) dalam selain delapan kategori di atas, peserta didik tidak menuliskan jawaban apapun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, soal lingkaran, kategori Watson
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Neni Ningsih ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:28
Last Modified: 23 Feb 2023 13:28
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5374

Actions (login required)

View Item View Item