Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV Berdasarkan Kriteria Polya

Pratiwi, Eka Dyah (2018) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV Berdasarkan Kriteria Polya. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika SMP Babul Khairat Purwosari masih banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan SPLDV. Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang terjadi pada peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV dapat dideskripsikan menggunakan analisis Polya. Tahapan analisis Polya ada 4 yaitu: memahami masalah, merancang rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Keempat tahapan analisis Polya dapat dianalisis untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami siswa. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi SPLDV berdasarkan kriteria Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis instrumen, yaitu instrumen utama adalah peneliti dan instrumen kedua adalah soal tes tertulis dan wawancara. Dalam penelitian ini digunakan teknis analisis data deskriptif kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini adalah soal tes yang diberikan pada siswa dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII SMP Babul Khairat Purwosari tahun ajaran 2017/2018. Hasil yang disimpulkan dari penelitian ini antara lain: (1) lima subjek mengalami kesalahan pada tahap memahami masalah, yaitu siswa tidak mampu memahami apa saja yang diketahui dengan lengkap dan tidak mampu memahami apa saja yang ditanyakan, (2) lima subjek mengalami kesalahan pada tahap merancang rencana penyelesaian, yaitu siswa tidak bisa memisalkan soal ceita tidak mengetahui apa saja rumus yang akan digunakan dan tidak mengetahui operasi hitung yang akan digunakan, (3) lima subjek mengalami kesalahan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, yaitu siswa salah atau kurang lengkap dalam melakukan operasi atau perhitungan dan, (4) enam subjek mengalami kesalahan pada tahap memeriksa kembali, yaitu siswa tidak menemukan hasil akhir yang sesuai dengan langkah-langkah yang digunakan dan tidak menuliskan jawaban akhir sesuai dengan kesimpulan yang dimaksud dalam soal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Kriteria Polya
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Eka Dyah Pratiwi ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:28
Last Modified: 23 Feb 2023 13:28
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5375

Actions (login required)

View Item View Item