Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Teorema Pythagoras

Monalisa, Monalisa (2018) Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Teorema Pythagoras. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan proses dari pada hasil. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh gambaran bahwa kemandirian belajar siswa masih kurang, sehingga hasil belajar siswa masih belum memenuhi KKM, dan diantara materi matematika yang sulit dipelajari adalah pokok bahasan teorema pythagoras. Karena pokok bahasan ini sering digunakan dalam topik geometri dan trigonometri. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan pembelajaran penemuan terbimbing. Pembelajaran penemuan terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk benar-benar dapat memahami suatu konsep atau rumus, sebab siswa mengalami sendiri proses untuk mendapatkan konsep atau rumus itu. Adapun langkah-langkah model pembelajaran penemuan terbimbing sebagai berikut: (1) Orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan data. (5) menguji hipotesis, dan (6) merumuskan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 01 WAGIR yang berjumlah 27 siswa, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu (1) observasi, digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung, (2) tes, digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran, (3) wawancara, (4) catatan lapangan, digunakan untuk melengkapi data yang tidak tercantum dalam lembar observasi, dan (5) dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, model pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai, sedangkan pada siklus II mencapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi teorema pythagoras. Disarankan kepada peneliti untuk menerapkan model-model pembelajaran yang lebih variatif, selain itu peneliti diharapkan dapat memilih materi yang bisa diterapkan dengan menggunakan model Penemuan Terbimbing agar memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Teorema Pythagoras.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Monalisa ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:31
Last Modified: 23 Feb 2023 13:31
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5376

Actions (login required)

View Item View Item