Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP PGRI 4 Kalipare Malang

Yulianto, Gogot Dwi (2018) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP PGRI 4 Kalipare Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah Polya dan penyebab kesalahan siswa dalam melakukan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Kalipare Malang yang berjumlah 22 siswa dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data yang di analisa adalah hasil validasi soal, hasil tes dan hasil wawancara, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil validasi soal dari validator yaitu soal valid dengan skor rata-rata ≥ 2 dan dapat digunakan dengan sedikit revisi, (2) hasil tes menunjukkan tingkat 1 terdapat 13 siswa dengan 6 siswa kelompok rendah dan 7 siswa kelompok sedang, tingkat 2 terdapat 3 siswa pada kelompok sedang, tingkat 3 terdapat 5 siswa pada kelompok tinggi, dan tingkat 4 terdapat 1 siswa pada kelompok tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu siswa dibagi menjadi 4 tingkatan kemampuan pemecahan masalah menurut langkah Polya yaitu tingkat 1 tidak mampu menyelesaikan langkah pemecahan masalah Polya sama sekali, tingkat 2 siswa hanya mampu memahami masalah, tingkat 3 siswa mampu melaksanakan tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, dan tingkat 4 siswa mampu melaksanakan tahap memahami soal, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali. Penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal yaitu siswa tidak memahami materi, tidak memahami teknik menyelesaikan soal, kurang konsentrasi dalam mengerjakan soal, tidak membuat kesimpulan akhir, dan kurang teliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Tahapan Pemecahan Masalah Polya
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Gogot Dwi Yulianto ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:26
Last Modified: 23 Feb 2023 13:26
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5378

Actions (login required)

View Item View Item