Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Model Course Review Horay Berbasis Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa

Saputra, Hengki Adi (2018) Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Model Course Review Horay Berbasis Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Nasional Malang, diperoleh hasil belajar yang masih didominasi dengan penjelasan dari guru. Kurangnya kemampuan siswa dalam menyampaikan ide matematis dalam menyelesaikan problem solving, sangat tampak, yaitu dari 24 siswa di kelas, kurang dari 7 siswa yang mampu menentukan ide untuk menyelesaikan soal problem solving. Hal ini merupakan kesenjagan sehingga perlu suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan semua siswa secara aktif dalam pembelajaran di kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nasional Malang sebanyak 5 kelas, dengan sampel penelitian kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 siswa dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes yaitu dengan pretest. Analisis data dilakukan menggunakan Independent Sample T Test, dengan bantuan SPSS 22.0 For Windows. Hasil analisis data dengan Uji Independent Sample T Test dengan taraf signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada posttest. Hal ini tampak dari nilai signifikasi yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa. Dengan demikian adanya perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa matematika akhir (posttest) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Nasional Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Course Review Horay, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Hengki Adi Saputra ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:26
Last Modified: 23 Feb 2023 13:26
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5379

Actions (login required)

View Item View Item