Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Wagir Malang

Natalia, Natalia (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Wagir Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Matematika merupakan dasar bagi ilmu-ilmu lain, terutama ilmu yang berkutat dengan angka dan hitung-hitungan. Namun kenyataan dilapangan hasil belajar matematika siswa masih jauh dari yang diharapkan, salah satunya di SMP PGRI 01 Wagir Malang. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIIIA dan VIIIB dengan jumlah masing-masing 25 siswa. Pihak sekolah sudah menetapkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) >7,2. Pada hasil ulangan harian terdapat 15 siswa kelas VIIIA dan 16 siswa kelas VIIIB masih dibawah KKM. Peneliti melihat adanya kelemahan dalam proses pembelajaran dimana guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Berdasarkan kondisi diatas untuk memperbaiki hasil belajar siswa, perlu upaya mencari inovasi pembelajaran yang progresif. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Numbered Heads Together (NHT) merupakan pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola pikir interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Hasil belajar adalah perilaku yang terjadi pada siswa meliputi perilaku kemampuan dan keterampilan setelah mengikuti pembelajaran di kelas. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah nilai yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran yaitu posttest. Variabel penelitian adalah variabel bebas yaitu Numbered Heads Together (X) dan variabel terikat yaitu Hasil Belajar (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas VIIIA 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB 25 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan selisih nilai pretest dan posttest, hasil analisis uji t kelas eksprimen diperoleh nilai t_hitung= 24.846 dengan signifikan 0,000 dan hasil analisis uji t kelas kontrol diperoleh nilai t_hitung= 22.921 dengan signifikan 0,000. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Signifikan < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Wagir Malang. Dengan demikian guru dapat menerapkan model pembelajaran NHT dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Natalia ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:26
Last Modified: 23 Feb 2023 13:26
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5380

Actions (login required)

View Item View Item