Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Pembuktian Trigonometri Berdasarkan Tahapan Newman’s Error Analysis (NEA)

Qomari, Nur (2019) Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Pembuktian Trigonometri Berdasarkan Tahapan Newman’s Error Analysis (NEA). Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis kesalahan peserta didik dalam pembuktian trigonometri berdasarkan tahapan Newman’s Error Analysis (NEA). Kesalahan peserta didik dapat dianalisis berdasarkan tahapan Newman Error Analysis (NEA) yang terdiri dari lima tahapan kesalahan, yaitu tahap kesalahan membaca (Reading Error), tahap kesalahan memahami masalah (Comprehension Error), tahap kesalahan transformasi (Transformation Erros), tahap kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) dan tahap kesalahan penulisan (Encoding Error). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 12 subjek peserta didik kelas XI MIPA SMA NU Pakis Malang tahun ajaran 2018/2019 dengan kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah yang diambil 4 subjek dari setiap kemampuan. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kesalahan peserta didik terhadap tahapan Newman Error Analysis (NEA) pada tes yang terdiri dari 3 soal uraian adalah (1) tahap kesalahan membaca (Reading Error) 61,11%, (2) tahap kesalahan memahami masalah (Comprehension Error) 69,44%, (3) tahap kesalahan transformasi (Transformation Erros) 63,89%, (4) tahap kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) 63,89% dan (5) tahap kesalahan penulisan (Encoding Error) 97,22%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan (1) tahap kesalahan membaca (Reading Error) terdapat 8 peserta didik, (2) tahap kesalahan memahami masalah (Comprehension Error) terdapat 9 peserta didik, (3) tahap kesalahan transformasi (Transformation Erros) terdapat 11 peserta didik, (4) tahap kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) terdapat 10 peserta didik dan (5) tahap kesalahan penulisan (Encoding Error) terdapat 12 peserta didik. Saran bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya melakukan penelitian dengan materi yang berbeda terutama pada pembuktian matematika pada tingkatan yang lebih luas agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, pembuktian trigonometri, tahapan Newman’s Error Analysis (NEA)
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Nur Qomari ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:26
Last Modified: 23 Feb 2023 13:26
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item