Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2018/2019

Hewen, Siprianus Lawe (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Beberapa model pembelajaran dapat memotivasi aktivitas siswa, salah satunya adalah Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok-kelompok kecil. Dengan membentuk sebuah kelompok-kelompok kecil. Dengan membentuk sebuah kelompok, maka proses pembelajaran akan terasa lebih mudah karena semua kesulitan dapat didiskusikan dengan teman kelompoknya. Tujuan penelitian ini meliputi: Untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa terhadap kelas VIII SMP Negeri 1 Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondanglegi, yang terdiri dari 31 siswa. Tindakan pada penelitian ini terdiri dari dua tindakan. Tindakan I dan tindakan II, model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dilaksanakan secara murni sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. Prosedur penjaringan data dilakukan dengan cara (1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa, (2) angket siswa dan (3) kuis. Teknik analisis digunakan untuk mengetahui aktivitas dan prestasi belajar siswa yang dicapai menggunakan kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil aktivitas belajar siswa menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siklus sebesar I 76% dan pada siklus II sebesar 94 %, sedangkan untuk prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 74,4 dan pada siklus sebesar II 81. Dari hasil siklus diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Siprianus Lawe Hewen ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:26
Last Modified: 23 Feb 2023 13:26
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item