Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya pada Materi Segiempat Kelas VII C SMP PGRI 6 Malang

Doko, Maria Gaudensia Doa (2019) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya pada Materi Segiempat Kelas VII C SMP PGRI 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran matematika kelas VII C SMP PGRI 6 Malang, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berupa soal-soal cerita dalam kehidupan sehari-hari masih rendah. Siswa lebih mudah menyelesaikan soal matematika yang hanya menerapkan rumus-rumus saja tanpa harus membaca soal cerita. Langkah-langkah pemecahan masalah Polya dianggap sebagai langkah-langkah pemecahan masalah yang mudah dipahami dan banyak digunakan dalam kurikulum matematika di seluruh dunia. Dengan menggunakan tahapan-tahapan pemecahan masalah Polya, diharapkan siswa dapat lebih runtut dan terstruktur dalam memecahkan masalah matematika. Tahapan pemecahan masalah Polya terdiri dari 4 tahap yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP PGRI 6 Malang semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan catatan lapangan. Tahap-tahap analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek yang tergolong pada tingkat 1 yaitu belum mampu melaksanakan empat langkah Polya , subyek yang tergolong pada tingkat 2 yaitu hanya mampu memahami masalah, subyek yang tergolong pada tingkat 3 yaitu mampu memahami masalah,menyusun rencana penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian, dan subyek yang tergolong pada tingkat 4 yaitu mampu melaksanakan empat langkah polya. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa mayoritas subyek penelitian berada pada tingkat 3 dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah segiempat. Peneliti menyarankan kepada guru untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa-siswi agar pembelajarannya berhasil serta mengharapkan kepada peneliti lain agar dapat meneliti pada bidang lainnya seperti geometri, statistika dan lain-lain. penyelesaian, dan memeriksa kembali. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya pada materi segiempat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis pemecahan masalah, tahapan Polya
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Maria Gaudensia Doa Doko ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:27
Last Modified: 23 Feb 2023 13:27
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5387

Actions (login required)

View Item View Item