Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Peluang

Jelo, Klotilda Efronia (2019) Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Peluang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berpikir kreatif adalah suatu pemikiran yang berusaha menciptakan gagasan baru. Dalam proses belajar matematika terjadi juga proses berpikir, sebab seseorang dikatakan berpikir bila orang itu melakukan kegiatan mental yaitu dengan membangun ide atau gagasan yang baru. Analisis berpikir kreatif siswa pada materi peluang sangat penting, agar guru dapat mengetahui tingkat berpikir siswa setelah dilakukan tes dan wawancara. Soal yang diberikan kepada siswa bertujuan untuk melatih siswa berpikir secara kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi peluang di SMK Negeri 10 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek dalam dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 10 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 25. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes dan wawancara mengacu pada indikator berpikir kreatif. Indikator berpikir kreatif yang digunakan, yaitu: kelancaran, keluwesan, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori cukup, siswa mampu memberikan jawaban lebih dari satu cara dan hasilnya benar. Memberikan ide yang relevan dalam menyelesaikan soal dan pengungkapannya kurang lengkap, siswa dengan kategori kurang, siswa mampu memberikan jawaban tetapi terdapat kekeliruan dalam proses perhitungan sehingga hasilnya salah, memberika ide yang kurang relevan. Siswa dengan kategori tidak kreatif yaitu siswa memberikan satu jawaban dengan satu cara namun kurang lengkap. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 10 Malang masih berada pada kategori cukup, dapat dilihat dari 25 siswa yang berada pada kategori cukup kreatif sebanyak 10, Siswa dengan kategori kurang kreatif sebanyak 9, dan siswa dengan kategori tidak kreatif sebanyak 6 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar sering memberikan soal-soal cerita dalam proses pembelajaran matematika yang bertujuan melatih dan mengarahkan siswa agar memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Berpikir Kreatif, Soal Cerita, Peluang
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Klotilda Efronia Jelo ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:27
Last Modified: 23 Feb 2023 13:27
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item View Item