Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Malang

Bili, Suryani Sureston (2019) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Malang. Berdasarkan hasil observasi, hasil belajar siswa belum optimal, siswa kurang aktif dan kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran kurang optimal dan materi yang disampaikan guru tidak dapat dipahami sepenuhnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar yaitu model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Melalui model STAD, peserta didik juga dapat menelaah materi mengenai pelajaran yang tercakup. Model STAD merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan paling baik bagi guru untuk menggunakan pendekatan kooperatif. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental yang menggunakan rancangan penelitian yaitu pretestposttest control group design, dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dan siswa kelas X MM 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t test dengan uji prasyarat normalitas dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil uji independent sample t test, nilai yaitu serta nilai signifikannya yaitu maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 10 Malang. Peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memperbaiki lamanya waktu pembelajaran dalam menggunakan model kooperatif tipe STAD agar dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan hasil belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Suryani Sureston Bili ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:24
Last Modified: 23 Feb 2023 13:24
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item