Cahyani, Poppy Oktavia (2019) Pengembangan Media Karikatur dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika di SMP NU Bululawang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan suatu bahan atau perangkat pembelajaran yang digunakan oleh seroang pengajar untuk membantu dalam proses pembelajaran yang dibuat berdasarkan kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai oleh peserta didik. Hasil pengamatan di SMP NU Bululawang menunjukkan bahwa pembelajaran masih menggunakan LKPD yang berasal dari penerbit, LKPD belum membimbing peserta didik dalam menemukan suatu konsep matematika yang runtut. Tujuan dari pengembangan media karikatur LKPD matematika ini adalah media karikatur ini akan menarik minat peserta didik agar tidak bosan, memudahkan peserta didik memahami suatu konsep secara efektif. Materi penelitian dalam media karikatur LKPD matematika ini adalah materi SPLDV kelas VIII dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang telah disesuaikan degan kurikulum 2013. Penelitian ini mengacu pada penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian Research and Development (R&D) yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Pada penelitian ini langkah pengembangan hanya terbatas sampai dengn uji coba pemakain karena pengembangan media karikatur hanya menguji kepraktisannya sebagai media pembelajaran. Keterbatasan waktu dalam uji coba penelitian di sekolah juga mengharuskan peneliti untuk melakukan uji coba hanya sampai langkah uji coba pemakaian. Produk yang sudah selesai didesain selanjutnya dilakukan validasi oleh tiga ahli yaitu ahli desain dengan hasil 82,69%, ahli pembelajaran matematika dengan hasil 85,41%, dan ahli materi dengan hasil 88,33% dikatakan sangat valid. Hasil tes LKPD kepada peserta didik kelas VIII yang terbagi atas skala kecil oleh 9 peserta didik dengan hasil 83,33% dan skala besar yang dilakukan oleh 18 peserta didik dengan hasil 81,38% dikatakan sangat efektif. Hasil angket kepada responden yaitu 92,85% , hasil angket peserta didik skala kecil yaitu 86,11% dan skala besar yaitu 88,54% dikatakan sangat praktis. Hasil wawancara terhadap guru dan peserta didik menyatakan media karikatur LKPD matematika ini merupakan alat penunjang yang efektif dan praktis, dapat membangkitkan motivasi serta minat belajar. Kesimpulannya media karikatur LKPD matematika adalah media yang praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini hanya terbatas pada materi SPLDV, disarankan penelitian selanjutnya dapat menggunakan media karikatur dengan materi matematika yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Karikatur, LKPD |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Poppy Oktavia Cahyani ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:24 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5393 |
Actions (login required)
View Item |