Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 WAGIR Malang

Farani, Natalia Elniati (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 WAGIR Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan dan menganalisis model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP PGRI 01 Wagir Malang, bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah, siswa cendrung kurang aktif. sehingga kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar mereka belum maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Peneliti berpikir bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tahun 2018/2019 di kelas VIII B SMP PGRI 01 Wagir Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Prosedur Pengumpulan data: Observasi, Tes berpikir kritis dan tes Prestasi belajar siswa untuk mengamati aktivitas peneliti dan siswa selama proses kegiatan pembelajaran. tes berpikir kritis menggunakan soal uraian yang berjumlah 4 nomor soal, tes prestasi belajar belajar disusun berdasarkan kisi-kisi soal yang berisi kompetensi pencapaian konsep soal pilihan ganda berjumlah 8 butir soal. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, rata-rata kualitas keterlaksanaan pembembelajaran oleh kedua pengamat yaitu pada siklus I sebesar 78,31% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II sebesar 85,77% dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari analisis kemampuan berpikir kritis yang dicapai oleh siswa pada siklus I 73,17% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,67%. Peningkatan ini juga terjadi pada Prestasi Belajar pada siklus I 73,43 % sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 81,76%. Akhirnya disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP PGRI 01 Wagir Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Natalia Elniati Farani ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:24
Last Modified: 23 Feb 2023 13:24
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5395

Actions (login required)

View Item View Item