Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Nasional Malang tahun Ajaran 2018/2019

Kurniati, Oswaldinsiana (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Nasional Malang tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Ilmu pendidikan yang sangat berkembang pesat pada saat ini tidak lepas dari pendidikan yang dipelajari di sekolah ataupun belajar secara mandiri oleh setiap orang untuk memiliki pengetahuan tentang apa saja yang telah dipelajarinya. Dalam pembelajaran matematika, bentuk komunikasi multi arah dapat membantu siswa mengasah kemampuan berkomunikasi. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan untuk menyatakan gagasan matematika baik dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, gambar, menyatakan dalam bentuk aljabar dan menggunakan sImbol matematika secara tepat. Kemampuan komunikasi dapat dikembangkan melalui penerapan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Nasional Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Nasional Malang yang berjumlah 125 orang yang berdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dan menggunakan metode Nonequivalent control group design. Analisis data dalam penelitian ini berupa penguji instrumen penelitian yang terdiri atas validasi istrumen dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test berbantuan program SSPS. Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan 0.021 < 0.05. (2) Rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan dengan model Problem Based Learning adalah 75.81 dan siswa yang di beri perlakuan dengan pembelajaran konvensional adalah 69.94. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Nasional Malang. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk mencoba memakai model lain untuk meneliti kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Oswaldinsiana Kurniati ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:23
Last Modified: 23 Feb 2023 13:23
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5396

Actions (login required)

View Item View Item