Analisis Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Statistika Kelas X MIPA di SMA Taman Madya Malang

Firgula, Maria (2019) Analisis Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Statistika Kelas X MIPA di SMA Taman Madya Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berpikir kritis adalah suatu sikap ataupun tindakan dimana seseorang tidak begitu mudahnya percaya saat menerima suatu informasi, melainkan mencari tahu kebenaran dari informasi yang didapatkannya dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan. Analisis berpikir peserta didik pada materi statistika sangat penting, dengan tujuan agar guru dapat mengetahui tingkat berpikir peserta didik setelah dilakukan observasi, pemberian tes individu dan wawancara. Soal cerita statistika yang diberikan kepada peserta didik bertujuan agar melatih peserta didik berpikir secara kritis. Dalam menyelesaikan soal cerita peserta didik harus memiliki kemampuan pemahaman soal yaitu kemampuan apa yang diketahui dari soal, apa yang ditanyakan, informasi apa yang diperlukan, cara menyelesaikan soal dan kemampuan menulis kesimpulan dari soal yang telah dikerjakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian berupa hasil tes berpikir kritis, hasil wawancara, catatan lapangan, jurnal, skripsi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data adalah tes tertulis, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi soal tes berpikir kritis peserta didik, kunci jawaban tes, pedoman wawancaram rubrik penilaian tes berpikir kritis, dan lembar validasi soal. Pada penelitian ini dipilih tiga kategori yaitu kategori rendah, kategori sedang, dan kategori tinggi. Untuk setiap kategori dipilih dua subjek yang kemudian dianalisis. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu, untuk nomor satu indikator menginterprestasi terdapat 6 peserta didik yang mengerjakan, indikator menganalisis terdapat 13 peserta didik, indikator mengevaluasi terdapat 13 peserta didik, indikator membuat kesimpulan terdapat 10 peserta didik yang mengerjakan. Soal nomor dua indikator menginterprestasi terdapat 8 peserta didik yang mengerjakan, indikator menganalisis terdapat 11 peserta didik, indikator mengevaluasi terdapat 12 peserta didik dan indikator membuat kesimpulan terdapat 8 peserta didik yang mengerjakan. Selanjutnya soal nomor tiga indikator menginterprestasi terdapat 6 peserta didik yang mengerjakan, indikator menganalisis terdapat 12 peserta didik, indikator mengevaluasi terdapat 8 peserta didik dan indikator membuat kesimpulan terdapat 5 peserta didik yang mengerjakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Berpikir Kritis, Soal Cerita
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Maria Firgula ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:23
Last Modified: 23 Feb 2023 13:23
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5397

Actions (login required)

View Item View Item