Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Teori APOS Siswa Kelas VIII SMPN 1 Wonosari

Cahyani, Risa (2019) Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Teori APOS Siswa Kelas VIII SMPN 1 Wonosari. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada salah satu SMP yang ada di Kabupaten Malang yaitu SMP Negeri 1 Wonosari, peneliti mendapatkan beberapa siswa yang kurang dalam memahami konsep matematika. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya perhatian atau minat belajar siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Meskipun guru melakukan berbagai upaya yaitu menggunakan berbagai macam model, metode dan strategi pembelajaran matematika. Akan tetapi, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran matematika yang diberikan. Hal itu menunjukkan bahwa siswa harus mempunyai pemahaman konsep dalam memahami soal yang diberikan. Dalam memenuhi pemahaman konsep, Teori APOS menjelaskan ada empat indikator yang harus dipenuhi yaitu aksi, proses, objek dan skema. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi teorema pythagoras ditinjau dari teori APOS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data berupa sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Subyek penelitian untuk tes tulis sebanyak 24 siswa yang hasilnya akan dikelompokkan berdasarkan pemahaman konsep siswa. Subyek untuk wawancara sebanyak 6 siswa yang dipilih secara acak sebanyak 2 siswa dari masing-masing kategori baik, sedang dan kurang. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan membandingkan data hasil tes tulis dan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis yang dilakukan oleh peneliti 10 siswa mampu mengerjakan pada tahap aksi. Pada tahap proses dilakukan oleh 7 siswa yang mampu mengerjakan. Tahap objek yang mampu mengerjakan dilakukan oleh 4 siswa dan 3 siswa mampu mengerjakan pada tahap subyek. Berdasarkan hasil penelitian ini, disampaikan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu pada tahap aksi dan proses. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat memberikan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman konsep siswa ataupun guru juga bisa memberikan latihan-latihan secara rutin dengan berbagai jenis soal yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis, pemahaman konsep, teori APOS
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Risa Cahyani ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:23
Last Modified: 23 Feb 2023 13:23
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5398

Actions (login required)

View Item View Item