Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dengan Permainan Nurikabe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMA Taman Madya Malang

Adun, Oda Sulasry (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dengan Permainan Nurikabe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMA Taman Madya Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas X IPA masih menggunakan metode konvensional. Metode konvensional yaitu pelajaran berpusat pada guru tanpa memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka secara maksimal, masih kurangnya penggunaan permainan yang lebih menarik untuk mendukung metode mengajar. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah di kelas X IPA SMA Taman Madya Malang diperoleh data bahwa dari 16 peserta didik kelas X IPA, terdapat 11 peserta didik memperoleh nilai rata-rata 67,00 yang berarti tidak memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan hanya 6 peserta didik yang memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran dengan permainan yang mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran dan mengerjakan tugas. Model pembelajaran tersebut adalah Numbered Heads Together (NHT). Adapun tujuan penelitian ini yaitu: Bagaimanakah deskripsi langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) dengan permainan nurikabe yang meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Taman Madya Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Taman Madya Malang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 Peserta didik terdiri atas 8 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran, lembar kerja peserta didik, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, catatan lapangan dan soal tes. Hasil belajar diperoleh dari tes akhir setiap siklus. Pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Persiapan, (2) Pembentukan kelompok, (3) Penyajian materi, (4) Diskusi kelompok, (5) Permainan Nurikabe, (6) Presentasi kelompok, (7) Evaluasi, dan (8) Memberikan penghargaan. Hasil pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT) dengan permainan Nurikabe menunjukkan peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa sebesar 80%. Pada siklus II, persentase ketuntasan siswa sebesar 86,67%. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar sebesar 6,67%. Hasil observasi aktifitas guru pada siklus I sebesar 89,72 % dan siklus II sebesar 97,08%. Sedangkan aktifitas peserta didik siklus sebesar 88,8% dan pada siklus II sebesar 96,38%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan langkah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan permainan Nurikabe dapat meningkat hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Taman Madya Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Nurikabe dan hasil belajar.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Oda Sulasry Adun ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:23
Last Modified: 23 Feb 2023 13:23
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item