Ferdiansyah, Moch Ryan (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menurut Perkins dan Murphy di MTs Bahrul Ulum Bululawang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang di lakukan di MTs Bahrul Ulum Bululawang kelas VII , masih ada peserta didik yang kesulitan dalam menganalisis soal matematika yang diberikan, peserta didik juga belum dapat merumuskan pertanyaan yang diminta dari soal sehingga peserta didik tidak menuliskan informasi yang ada pada soal secara benar. Peserta didik belum mampu menentukan informasi apa saja yang dibutuhkan dalam mengerjakan soal sehingga peserta didik cenderung meniru cara untuk mengerjakan soal yang sama persis dengan soal yang dicontohkan sebelumnya. Hal itu menunjukkan bahwa peserta didik harus mempunyai kemampuan berpikir kritis dalam memilah dan mengolah informasi yang ada pada soal yang diberikan. Dalam memenuhi kemampuan berpikir kritis, Perkins dan Murphy menjelaskan ada empat indikator yang harus dipenuhi yaitu indikator klarifikasi, assessment, strategi dan taktik, serta yang terakhir yaitu penyimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika menurut Perkins dan Murphy. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data berupa sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian untuk tes tulis sebanyak 24 peserta didik yang hasilnya akan dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik. Subyek untuk wawancara sebanyak 6 peserta didik yang dipilih secara acak sebanyak 2 peserta didik dari masing-masing kategori dalam berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dengan membandingkan data hasil tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 4 peserta didik yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi dengan persentase 16,7%, 5 peserta didik yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tingkat sedang dengan persentase 20,8%, 15 peserta didik yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tingkat rendah dengan persentase sebanyak 62,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa persentase paling tinggi didominasi oleh peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat memberikan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Guru juga dapat memberikan latihan-latihan secara rutin dengan memberikan berbagai jenis soal yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis berpikir kritis, perkins dan murphy |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Moch Ryan Ferdiansyah ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:24 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5403 |
Actions (login required)
View Item |