Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Prosedur Newman

Aldita, Verena Cony (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Prosedur Newman. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Soal cerita matematika merupakan bentuk soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dianggap sulit bagi siswa sehingga dapat melakukan kesalahan dalam menyelesaikanya. Berdasarkan hasil observasi peneliti lakukan menunjukan bahwa siswa belum memahami masalah soal dan mengubah soal dalam model matematika khususnya materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Oleh karena itu, harus diketahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Salah satu prosedur untuk menganalisis kesalahan adalah prosedur Newman. Prosedur Newman yang terdiri dari enam prosedur yaitu, membaca (reading), memahami (comprehension), transformasi (transformation), keterampilan proses (process skill), penulisan jawaban akhir (encoding), dan kecerobohan (careless). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 subjek penelitian dari siswa kelas VIIIA SMP PGRI 06 Malang tahun ajaran 2018-2019 yang diikuti oleh 36 siswa dari 38 siswa, 2 siswa tidak mengikuti tes tertulis dikarenakan sakit. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan ter tertulis dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang disimpulkan dari penelitian ini antara lain: sebanyak 2 subjek penelitianyang melakukan kesalahan pada tahap membaca, penyebabnya adalah siswa tidak membaca atau mengenal simbol-simbol dalam soal serta siswa tidak memaknai arti kata, istilah atau simbol dalam soal. Sebanyak 5 subjek penelitian yang melakukan kesalahan pada tahap memahami, penyebabnya adalah siswa tidak memahami apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Sebanyak 5 subjek penelitian yang melakukan kesalahan transformasi, penyebabnya adalah siswa tidak membuat model matematika dari informasi yang disajikan, siswa tidak mengetahui rumus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah serta siswa tidak mengetahui operasi hitung yang akan dilakukan. Sebanyak 4 subjek penelitian yang melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses, penyebebnya adalah siswa tidak mengetahui prosedur yang akan digunakan, serta siswa tidak melakukan prosedur yang digunakan dengan tepat. Sebanyak 5 subjek penelitian yang melakukan kesalahan pada tahap penulisan jawaban, penyebebnya adalah siswa tidak menemukan hasil akhir sesuai prosedur serta siswa tidak menuliskan kesimpulan sesuai jawaban akhir yang ditunjukan. Sebanyak 6 subjek penelitian yang melakukan kesalahan pada tahap kecerobohan, penyebabnya adalah siswa tidak mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Prosedur Newman
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Verena Cony Aldita ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:24
Last Modified: 23 Feb 2023 13:24
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5404

Actions (login required)

View Item View Item