Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV

Prihatin Sulistyowati, PS (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. prosiding seminar nasional hasil penelitian dan pengabdian LPPM Universitas Kanjuruhan Malang tahun 2016.

[img] Text
Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SIswa Kelas V.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SIswa Kelas V-.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk: (1) meningkatkan hasil belajar siswa SDN Kebonsari 1 pada mata pelajaran IPS materi Koperasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) mengetahui aktivitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data PTK dilaksanakan dalam dua siklus melalui dua kali pertemuan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran STAD. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil pembelajaran pada siklus pertama sebesar 73,07% dan siklus kedua menjadi 88,46%. Hasil performansi aktivitas guru pada siklus pertama sebesar 86,34% dan siklus kedua menjadi 78,31%. Hasil belajar siswa pada siklus kedua menunjukkan 80% siswa telah memenuhi KKM sehingga pembelajaran dianggap telah berhasil pada materi Koperasi.

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Artikel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PRIHATIN SULISTYOWATI
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:48
Last Modified: 13 Mar 2019 08:48
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item