Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Solving pada Bangun Ruang Sisi Datar

Andrilianny, Winda (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Solving pada Bangun Ruang Sisi Datar. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih kurangnya penggunaan LKPD pada instansi sekolah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pembelajaran Matematika berbasis Problem Solving pada bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian merupakan penelitian yang mengacu pada model pengembangan 4D, yaitu a) Define: analisis kebutuhan menunjukan masih terbatasnya LKPD di sekolah, kurang variasi penggunaan model pembelajaran, dan peserta didik belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, analisis kurikulum yang digunakan sekolah sesuai dengan kurikulum 2013, dan analisis karakter peserta didik dalam pembelajaran matematika. b) Design: pengumpulan referensi, penyusunan LKPD, penyusunan RPP, dan penyusunan instrumen penelitian. c) Development: validasi ahli oleh ahli materi, ahli design, dan ahli pembelajaran untuk mengetahui kevalidan LKPD. d) Dissemination: uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar untuk memperoleh kepraktisan dan keefektifan LKPD. Hasil pengembangan sebagai berikut: a) kevalidan dengan kriteria masing-masing “sangat valid” sesuai penilaian ahli materi, ahli desain, dan ahli pembelajaran dengan skor masing-masing 3,69, 3,4975, dan 3,65. b) kepraktisan dengan kriteria “sangat praktis” berdasarkan angket respon peserta didik uji coba kelompok kecil, angket respon uji coba kelompok besar dan angket respon guru uji coba kelompok besar dengan skor masing- masing 3,5571, 3,543889 dan 3,606. c) keefektifan dengan kriteria “efektif” berdasarkan hasil tes uji problem solving sesuai ketuntasan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan kategori tingkat ketuntasan 90% dan 55,55%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan LKPD dalam kegiatan pembelajaran di kelas guna membantu peserta didik dalam memecahkan permasalahan matematis yang dapat meningkatkan pola pikir peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Solving, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Winda Andrilianny ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:21
Last Modified: 23 Feb 2023 13:21
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item View Item