Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII berdasarkan Kriteria Watson di SMP PGRI 6 Malang

Sari, Stepania Junita (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII berdasarkan Kriteria Watson di SMP PGRI 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian dilakukan di SMP PGRI 6 Malang Jl. Kolonel Sugiono VIII No. 82, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII dalam mengerjakan soal sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Watson. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data secara tes tertulis dan wawancara. Subjek yang digunakan dari satu kelas diambil 3 siswa berkemampuan tinggi, 3 siswa berkemampuan sedang dan 3 siswa berkemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah ( 1) Jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek berkemampuan tinggi dalam mengerjakan soal sistem persamaan linear dua variabel yaitu kurang teliti dalam mengerjakan soal. (2) Jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek berkemampuan sedang yaitu salah dalam menggunakan data ditahap awal. (3) Jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek berkemampuan rendah yaitu tidak memberikan jawaban akibat kurang paham terhadap konsep materi. Dari empat soal yang telah diberikan kepada peserta didik terdapat data sebagai berikut; 1 peserta didik melakukan kesalahan dalam menggunakan data (dtt), 7 peserta didik melakukan kesalahan dalam menentukan prosedur yang digunakan (ptt), 3 peserta didik melakukan kesalahan dalam menggunakan data sehingga ada data menjadi hilang (dh), 14 peserta didik tidak menyimpulkan hasil akhir (kh), 15 peserta didik melakukan kesalahan menentukan tahap-tahap proses penyelesaian soal (mtl), 18 peserta didik melakukan kesalahan dalam menentukan operasi yang akan digunakan (mhk), dan 7 peserta didik tidak memberikan jawaban (kl). Penyebab kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik kelompok tinggi yaitu kurang teliti dalam mengerjakan soal menyebabkan salah tafsir terhadap data yang digunakan, peserta didik terlalu tergesa-gesa dalam menentukan hasil akhir. Pada kelompok sedang peserta didik melakukan kesalahan dalam menggunakan data dikarenakan peserta didik kurang teliti dalam tahap operasi aljabar, hal ini dikarenakan peserta didik kurang memahami materi. Pada kelompok rendah peserta didik melakukan kesalahan dalam konsep atau terlalu tergesa-gesa akibat waktu yang telah ditetapkan telah habis, serta peserta didik yang tidak menguasai materi yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian ini guru diharapkan untuk lebih sering memberikan latihan soal kepada siswa terkait materi sistem persamaan linear dua variabel agar siswa tidak melakukan kesalahan yang sama, serta memperhatikan siswa yang kurang paham dalam mengoperasikan aljabar, untuk peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan materi lain dan memberikan waktu yang lebih banyak saat memberikan tes kepada siswa, supaya siswa dapat menyelesaikan semua soal tanpa buru-buru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kriteria Watson
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Stepania Junita Sari ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:21
Last Modified: 23 Feb 2023 13:21
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5412

Actions (login required)

View Item View Item