Moza, Maria Peda Moni (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Perbandingan Di SMP Negeri 23 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang menghasilkan macam gagasan, ide dan kemungkinan solusi jawaban yang baru dalam menghadapi suatu permasalahan. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik terdiri dari aspek kelancaran, keluwesan, dan kebaruan. Tingkat kemampuan berpikir kreatif merupakan kriteria untuk memahami dan menganalisis kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika dengan pendekatan open-ended. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi perbandingan di SMP Negeri 23 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 28 peserta didik kelas VII-2 SMP Negeri 23 Malang, kemudian diambil 6 peserta didik untuk dianalisis, karena terdapat kesamaan jawaban di setiap tingkatannya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi metode. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pada kriteria kurang kreatif atau Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) 1 terdapat 11 peserta didik atau mencapai 39,28%, dan kriteria tidak kreatif atau TKBK 0 terdapat 17 peserta didik atau mencapai 60,71%. Pada kriteria sangat kreatif atau TKBK 4, Kreatif atau TKBK 3 dan cukup kreatif atau TKBK 2 tidak ditemukan subjek pada tingkatan ini. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kemampuan berpikir kreatif dengan kriteria kurang kreatif atau TKBK 1 terdapat 11 orang, siswa mampu memahami soal, memberikan ide, memberikan lebih dari satu jawaban dan menjawab tetapi belum ada unsur kebaruan. Siswa dengan kriteria tidak kreatif atau TKBK 0 terdapat 17 orang, siswa mampu memahami soal, memberikan ide, memberikan satu jawaban walaupun kurang lengkap dan menjawab tetapi belum ada unsur kebaruan. Bagi peneliti lainnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan menggali kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang bertujuan untuk memperbaiki dan menambah kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | open-ended, kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Maria Peda Moni Moza ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:21 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:21 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5413 |
Actions (login required)
View Item |