Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Pokok Bahasan Sistim Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMA Negeri 7 Borong

Erni, Rosula Diana (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Pokok Bahasan Sistim Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMA Negeri 7 Borong. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Borong setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe TAI di SMA Negeri 7 Borong dan Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 7 Borong?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di mana guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Borong yang berjumlah 23 orang dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes berupa soal-soal yang digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Borong. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase pencapaian KKM sebesar 39,13%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (tes akhir siklus I) sebesar 65,22% dan hasil belajar tes akhirnsiklus II sebesar 86,96% dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan diatas menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Borong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Team Assisted Individualization, SPLTV, dan Hasil Belajar.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Rosula Diana Erni ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:22
Last Modified: 23 Feb 2023 13:22
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5414

Actions (login required)

View Item View Item