Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Cendekia Madinah Dampit Kabupaten Malang

Sudarman, Agus (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Cendekia Madinah Dampit Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika dengan powtoon untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang valid, layak, dan efektif. Media ini merupakan sebuah media pembelajaran matematika yang dibuat dengan menggunakan layanan powtoon dan dapat diakses melalui komputer, laptop, atau handphone. Media pembelajaran matematika dengan powtoon berisi tujuan pembelajaran, materi, dan rangkuman materi. Penelitian ini menggunakan model 4D yang dilakukan melalui 4 tahap sebagai berikut : (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Dissemination. Penelitian ini melibatkan 6 orang peserta didik kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan sebagai subjek uji kelompok kecil serta 17 orang peserta didik kelas XII Multimedia sebagai subjek uji kelompok besar SMK Cendekia Madinah Dampit Kabupaten Malang. Hasil kevalidan diperoleh dari tiga orang validator yaitu dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru ahli pembelajaran, hasil kelayakan menggunakan angket uji kelompok kecil sebanyak 6 orang peserta didik dan angket uji kelompok besar sebanyak 17 orang peserta didik, hasil keefektifan menggunakan tes uji kelompok kecil sebanyak 6 orang peserta didik dan tes uji kelompok besar sebanyak 17 orang peserta didik.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tingkat kevalidan mendapat hasil 83,33% ahli media, 70% ahli materi dan 81,66% ahli pembelajaran. Hasil ini menunjukkan media valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Tingkat kelayakan mendapatkan hasil 74,58% uji kelompok kecil dan 85,31% uji kelompok besar. Hasil angket menunjukkan media layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Tingkat keefektifan mendapat hasil 64,16% uji kelompok kecil dan 85,17% uji kelompok besar. Hasil tes ini dikategorikan media efektif untuk digunakan sebegai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika dengan powtoon dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memenuhi kriteria kevalidan, kelayakan dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian diberikan saran yaitu penelitian pengembangan video animasi dengan powtoon hanya dibatasi materi peluang beserta tujuan pembelajaran sehingga perlu adanya pengembangan materi yang lebih luas dan lebih lengkap agar mempermudah peserta didik dalam mempelajari semua materi matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Powtoon, Hasil Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Agus Sudarman ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:22
Last Modified: 23 Feb 2023 13:22
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item View Item