Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Negeri 2 Boleng

Murni, Anastasia (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Negeri 2 Boleng. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning yang valid, praktis dan efektif. Tingkat kevalidan LKPD diukur dengan hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran matematika. Kepraktisan LKPD berdasarkan hasil penilaian angket respon peserta didik pada uji lapangan terbatas dan uji lapangan luas. Penilaian keefektifan LKPD diperoleh dari hasil tes kemampuan berpikir kritis yang dilakukan oleh peserta didik setelah proses uji coba selesai. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA untuk uji lapangan luas dan dan 9 peserta didik kelas VIIB untuk uji lapangan terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran matematika, angket respon peserta didik dan tes kemampuan berpikir kritis. Penelitian pengembangna ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluatioan). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) valid yang diperoleh dari penilaian kevalidan oleh ahli materi sebesar 76,44%, ahli media sebesar 86% dan ahli pembelajaran matematika sebesar 80%, (2) sangat praktis diperoleh dari hasil angket respon peserta didik pada uji lapangan terbatas sebesar 90,01% dan uji lapangan luas sebesar 92,69%, (3) efektif diperoleh dari hasil tes peserta didik dengan presentasi ketutantasan pada uji lapangan terbatas sebesar 76,38% dan pada uji lapangan luas sebesar 81,22%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning yang dikembangkan valid, sangat parktis dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran matematika kelas VII. Pendidik dapat menggunakan LKPD ini dalam pembelajaran matematika materi perbandingan sehingga dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Saran untuk peneliti lain adalah bisa mengembangkan LKPD yang lebih disesuaikan dengan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning, berpikir kritis matematis
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Anastasia Murni ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:23
Last Modified: 23 Feb 2023 13:23
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5417

Actions (login required)

View Item View Item