Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas VIII SMP Negeri 1 Welak Kabupaten Manggarai Barat

Jebarus, Paskalis (2021) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas VIII SMP Negeri 1 Welak Kabupaten Manggarai Barat. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Welak Kabupaten Manggarai Barat yang menunjukan masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Bermula dari hasil observasi tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan instrumen tes tertulis yang memuat 2 butir soal uraian, pedomaan wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Welak Kabupaten Manggarai Barat dengan jumlah 20 siswa yang dikategorikan siswa dengan gaya kognitif file indepndent dan file depedent. Peneliti menggunakan teknik triangulasi dalam rangka pengecekan keabsahan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya kognitif file independent belum mampu memproses lebih lanjut penyelesaian soal, belum mampu melakukan perhitungan dengan tepat dan juga belum mampu menuliskan jawaban akhir dengan benar. Siswa dengan gaya kognitif file dependent belum mampu mentransformasikan soal kebentuk pemisalan atau dalam model matematika, tidak mampu menggunakan metode eliminasi, substitusi atau campuran (eliminasi-substitusi) dan juga belum mampu menuliskan kesimpulan dengan benar. Dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya kognitif file independent melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, sedangkan siswa dengan gaya kognitif file dependent melakukan kesalahan pada tahap transformas, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Saran bagi guru, hendaknya lebih sering memberikan latihan soal khususnya soal cerita sistem persamaan linear dua varibel agar mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan permasalahan yang lebih kompleks sehingga diketahui kesalahan dari permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan siswa, sistem persamaan linear dua variabel, gaya kognitif.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Paskalis Jebarus ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:21
Last Modified: 23 Feb 2023 13:21
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item