Wulandari, Margareta Aprilia (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Pada Materi Interaksi Manusia Dan Lingkungan Dalam Dinamika Litosfer Kelas X IPS SMA Taman Madya Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan tes uraian yang diberikan guru ketika proses pembelajaran berlangsung di kelas X IPS SMA Taman Madya Malang, serta informasi yang diperoleh dari guru matapelajaran Geografi dapat diketahui bahwa hasil belajar 40% dan keaktifan 10%. Keaktifan yang rendah disebabkan oleh: 1) Siswa tidak memberikan pertanyaan ataupun pendapat pada saat guru memberikan kesempatan untuk bertanya; 2) siswa kurang percaya diri pada saat mempresentasikan Hasil diskusi didepan kelas; 3) Siswa jarang berargumen pada saat diskusi kelompok; 4) Rasa keingintauan siswa rendah, hal ini juga mempengaruhi hasil belajar yang rendah. Time Token merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Tujuan dikembangkan model Time Token untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, yaitu: 1) Hasil akademik siswa meningkat; 2) Keterampilan untuk menjalin hubungan antarpribadi; 3) Pengembangan keterampilan sosial. Penelitian ini dirancang dengan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggard. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS SMA Taman Madya Malang Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 20 siswa yaitu 18 laki-laki dan 2 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: 1) lembar observasi; 2) tes; 3) catatan temuan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 65% dan keaktifan belajar siswa yaitu 73% . Pada siklus II rata- rata nilai hasil belajar siswa yaitu 85% dan keaktifan belajar siswa 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa Saran kepada guru SMA Taman Madya Malang supaya menerapkan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi siswa dalam melatih dan membiasakan aktif di dalam kelas. Bagi peneliti selanjutnya sangat perlu memperhatikan karakteristik siswa, dan indikator yang harus dicapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar, Keaktifan |
Subjects: | 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 14:39 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 14:39 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5468 |
Actions (login required)
View Item |