Nalvi, Hilgardis (2018) Penerapan Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Kelas Viii A Smp Pgri 01 Pakisaji Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan Hasil Observasi dan tes uraian yang diberikan guru ketika pembelajaran berlangsung dikelas VIII-A SMP PGRI 01 Pakisaji Malang, serta informasi yang diperoleh dari guru matapelajaran IPS dapat diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Keaktifan siswa masih kurang dari segi bertanya, tidak ikut serta dalam mencari informasi dan solusi ketika mengerjakan tugas kelompok. Melihat kondisi tersebut, maka perlu dilakukan tindakan pada siklus II dengan tujuan memperbaiki kesalahan pada siklus I. Model pembelajaran ini dilandasi oleh beberapa tahapan dalam proses pembelajaran diantaranya, perencanaan, tindakan, pengamatan, observasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 01 Pakisaji Malang dengan subjek penelitian kelas VIII-A yang berjumlah 22 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan catatan temuan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentasi keaktifan belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 73,6% kategori aktif. Sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 85,98% kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Saran kepada guru SMP PGRI 01 Pakisaji Malang supaya menerapkan Model Pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Script (CP), Keaktifan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 14:40 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 14:40 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5469 |
Actions (login required)
View Item |