Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Hukum Newton Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia SMA PGRI Lawang

Wulumeha, Yesti Djiara (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Hukum Newton Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia SMA PGRI Lawang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA PGRI Lawang Kelas X MIA, bahwa model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran yang konvensional (ceramah). Hal ini menyebabkan kerja ilmiah dan prestasi belajar yang dimiliki siswa rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Hukum Newton Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA SMA PGRI Lawang. Penerapan model inkuiri terbimbing terdiri dari 6 tahap yaitu: Orientasi, merumuskan masalah, mengajukkan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Siklus I membahas tentang materi Gaya dan Hukum Newton sedangkan Siklus II membahas materi penerapan Hukum Newton. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di kelas X MIA SMA PGRI Lawang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, rata-rata kualitas keterlaksanaan pembelajaran oleh kedua pengamat yaitu pada siklus I sebesar 68,58 dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II sebesar 93,63 dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari analisis kerja ilmiah siswa yng dicapai oleh siswa pada siklus I dengan rata-rata 72,32 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,46 dengan kategori baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa pada pra tindakan dengan rata-rata sebesar 71,43 mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,57 dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 82,86 dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada hukum newton dapat meningkatkan kerja ilmiah siswa dan prestasi belajar siswa kelas X MIA SMA PGRI Lawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuri Terbimbing, Kerja Ilmiah Siswa, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 14:39
Last Modified: 23 Feb 2023 14:39
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item