Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 17 Malang

Jelita, Matildis (2018) Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 17 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, pembelajaran pada kelas VIII H SMP Negeri 17 Malang belum optimal terbukti data dari guru bidang studi matematika dengan persentase hanya mencapai 60% yang mendapatkan nilai lebih dari KKM pada nilai UAS semester ganjil. Berdasarkan temuan peneliti pada saat penelitian awal, maka peneliti berkeinginan untuk menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan langkah-langkah sebagai berikut : memahami masalah, kontekstual, menjelaskan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, menyimpulkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Kubus dan Balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 17 Malang yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, tes, wawancara terhadap siswa mengenai proses pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan dalam penggumpulan data, dilakukan pengecekan keasbahan data dengan tehknik triagulasi, ketekunan pengamat, dan pengecekan teman sejawat. Kriteria keberhasilan penelitian ini, siswa dikatakan berhasil jika memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar matematika kelas VIII H meningkat dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 17 Malang dengan peningkatan hasil belajar siswa mencapai 64% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Bagi guru hendaknya dalam menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari dan bagi peneliti lain hendaknya memperhatikan materi dan menggunakan media yang sesuai untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 15:07
Last Modified: 23 Feb 2023 15:07
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item