Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Di MTS S.A Al-Mustaqim Lawang

Kutsiyah, Hadirotul (2018) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Di MTS S.A Al-Mustaqim Lawang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran dengan metode ceramah yang kurang variatif mengakibatkan siswa sulit mengembangkan potensinya, merasa bosan, dan tidak semangat. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, model pembelajaran tersebut adalah Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs s.a Al-Mustaqim Lawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah kelas VII A MTs s.a Al-Mustaqim Lawang sebanyak 30 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran dengan model Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen. (2) Guru menjelaskan materi. (3) Guru membagikan LKS. (4) Setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan LKS. (5) Guru mengadakan game dengan membagikan kartu bernomor. (6) Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil dari game. (7) Guru memanggil siswa untuk menempati meja turnamen dan menjelaskan aturan turnamen. (9) Setiap anggota kelompok mengerjakan soal turnamen secara berurutan. (10) Perwakilan kelompok dengan jawaban paling tepat mempresentasikan hasil dari kerjaannya. (11) Guru membagikan hadiah kepada pemenang dan membantu menyimpulkan materi pelajaran. Hasil pembelajaran dengan model Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan peningkatan dari setiap siklus. Persentase ketuntasan belajar pada tahap pratindakan sebesar 46%, pada siklus 1 menjadi 63%, dan pada siklus 2 menjadi 80%. dengan demikian, peningkatan hasil belajar dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 17% sedangkan peningkatan dari siklus 1 ke 2 sebesar 17%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teams games tournament dan hasil belajar.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 15:06
Last Modified: 23 Feb 2023 15:06
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5488

Actions (login required)

View Item View Item