Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa SMP Negeri 17 Malang

Annilia, Novi (2018) Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa SMP Negeri 17 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Soal cerita matematika erat dengan kehidupan sehari-hari untuk dicari penyelesaiannya. Menyelesaikan soal cerita diperlukan kemampuan berfikir kreatif, ketelitian dan analisis masalah. Kemampuan berfikir kreatif peserta didik dapat dilihat dari bagaimana cara peserta didik menyelesaikan suatu masalah matematika dengan berbagai cara yang berbeda namun tidak jauh beda dengan cara pemecahan masalah yang sudah ada sebelumnya. Berdasarkan hasil observasi, masih banyak peserta didik yang berpatokan pada contoh yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa SMP Negeri 17 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta dikelas VII-C SMPN 17 Malang yang berjumlah 30 orang. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tes berfikir kreatif dan wawancara. Hasil tes berfikir kreatif dan wawancara mengacu pada indikator kemampuan berfikir kreatif, yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality). Hasil penelitian dari tes berfikir kreatif yang dilakukan peserta didik diberi skor sesuai dengan rubrik penskoran untuk disesuaikan dengan kategori kemampuan berfikir kreatif peserta didik yakni baik, cukup, kurang, sangat kurang. Hasil tes tersebut akan diambil 2 subjek untuk mewakili masing-masing kategori dan setiap kategori akan diambil 1 peserta didik untuk dilakukan wawancara. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) peserta didik dengan kategori baik berjumlah 5 orang, (2) peserta didik dengan kategori cukup berjumlah 8 orang, (3) peserta didik dengan kategori kurang berjumlah 11 orang, (4) peserta didik dengan kategori sangat kurang berjumlah 6 orang. Disarankan perlunya penerapan soal-soal cerita matematika untuk mengasah maupun mengembangkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berfikir kreatif, soal cerita Matematika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 15:06
Last Modified: 23 Feb 2023 15:06
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5492

Actions (login required)

View Item View Item