Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD Taman Siswa Turen

Sari, Ika Purnama (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD Taman Siswa Turen. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir, berargumentasi, dan memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Kendala yang ditemui guru di SD taman siswa Turen dalam pembelajaran matematika khususnya bangun ruang adalah kemampuan memahami sifat-sifat bangun ruang dan hasil belajar cenderung rendah. Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah model pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar sifat- sifat bangun ruang kelas V. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Penelitian ini menggunakan disain quasi ksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD taman siswa Turen yang berjumlah 77 siswa yang terbagi dalam kelas V A berjumlah 38 siswa dan kelas V B berjumlah 39 siswa. engambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes essai untuk pre-test dan post-test. Teknik analisis data berupa uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan hipotesis dengan uji t menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar sifat -sifat bangun ruang siswa kelas V di SD taman siswa Turen menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Guru diharapkan dapat menggunakan model embelajaran penemuan terbimbing dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran matematika khususnya soal sifat- sifat bangun ruang untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam soal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 15:07
Last Modified: 23 Feb 2023 15:07
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5496

Actions (login required)

View Item View Item