Un, Maria Dolarensi (2018) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Dengan Model Pembelajaran Tipe NHT Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di SDN Sukun 1 Kota Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran NHT. (2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran NHT. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posttest- nly control design yang terdiri dari dua variable bebas dan satu variable terikat. Variable bebas adalah model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran NHT sedangkan variable terikat adalah hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukun 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan simple random sampling. Setelah dilakukan random dihasilkan kelas VB sebagai kelas eksperimen (28 siswa) dan kelas VC sebagai kelas kontrol (32 siswa). Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Jigsaw sedangkan kelas kontrol dengan NHT. Data dikumpulkan dengan soal posttest. Data posttest ianalisis dengan menggunakan uji Independent T-test dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen Jigsaw sebesar 78,75 dan kelas kontrol NHT sebesar 72. Selisih nilai rata-rata post-test antara kedua kelas tersebut adalah 6,75. Selain itu uji hipotesis dengan uji Independent T-test hasil yang diperoleh signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 yang berarti H0 ditolak karena sig. < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan hasil belajar yang signifikan pada materi kegiatan ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model NHT dan pembelajaran yang menggunakan model Jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT.presentase 92% dan penilaian hasil respon peserta didik pada ujicoba lapangan terbatas mendapatkan kategori sangat baik dengan presentase 95%. Berdasarkan paparan hasil penilaian di atas, modul tematik dikategorikan “Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan dilapangan. Modul pengembangan ini dapat digunakan guru sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw, NHT, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 15:04 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 15:04 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5500 |
Actions (login required)
View Item |