Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Konkret Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sukodadi II Paiton Probolinggo

Faizah, Pujianti (2018) Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Konkret Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sukodadi II Paiton Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kurangnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, karena guru hanya menggunakan model ceramah dan tanya jawab saja serta tanpa dilengkapi media yang dapat mendukung ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil Ujian Akhir Semester (UAS) pada semester I sebagian besar nilai siswa di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model numbered head together (NHT) berbantuan media konkret dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Sukodadi II Paiton Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukodadi II Paiton Probolinggo, semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jumlah sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas III A dan III B sebanyak 43 siswa. Kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan mengambil subjek dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes pretest dan posttest. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest-posttest control grup design. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji-t dibantu dengan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model numbered head together (NHT) berbantuan media konkret dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,605 dan data dikatakan normal jika sig > 0,05 sehingga data tesebut normal karena 0,605 > 0,05. Sedangkan hasil analisis data tabel Independent Samples Test diperoleh hasil thitung = 5,211 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan pembelajaran dengan menggunakan model numbered head together berbantuan media konkret terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Sukodadi II Paiton Probolinggo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran numbered head together (NHT), media konkret, hasil belajar siswa.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 15:05
Last Modified: 23 Feb 2023 15:05
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item