Manajemen Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar (Studi Multi Kasus Di SDN Purwodadi 01 Malang, SDN Bakalan Krajan 2 Malang, Dan SDN Ciptomulyo 1 Malang Kota Malang Jawa Timur)

Yanti, Sahwa Roja (2018) Manajemen Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar (Studi Multi Kasus Di SDN Purwodadi 01 Malang, SDN Bakalan Krajan 2 Malang, Dan SDN Ciptomulyo 1 Malang Kota Malang Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pendidikan karakter merupakan tindakan yang dilakukan sekolah dan warga sekolah yang terlibat untuk membentuk karakter peserta didik. Banyak sekolah yang sudah menerapkan pendidikan karakter. Berdasarkan informasi tersebut, maka dilakukan penelitian tentang manajemen pendidikan karakter disekolah dasar dengan fokus penelitian yaitu (1) perencanaan pendidikan karakter disekolah dasar, (2) pengorganisasian pendidikan karakter disekolah dasar, (3) pelaksanaan pendidikan karakter disekolah dasar, dan (4) evaluasi pendidikan karakter disekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deslriptif dan menggunakan pendekatan studimulti kasus metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Analisa data diambil mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. asil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka ditarik nkesimpulan sebagai berikut: (1) pada tahapan perencanaan kepala sekolah, guru, dan komite sekolah membuat rancangan pendidikan karakter siswa dan menentukan tujuan yang akan dijadikan tolak ukur keberhasilan. (2) pada pengorganisasian guru merealisasikan pendidikan karakter pada kegiatan belajar mengajar dan kegiatan penunjang seperti: pramuka, istighosah, gotong royong, sholat berjamaah, dan upacara. (3) pelaksanaan pendidikan karakter diadakan setiap hari dan dilaksanakan dari jam awal masuk sekolah sampai jam pulang sekolah. (4) evaluasi dilakukan untuk menindaklanjuti keberhasilan dalam penerapan pendidikan karakter disekolah. Kegiatan ini dilakukan setiap akhir semester atau menjelang kenaikan kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan Karakter
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 15:04
Last Modified: 23 Feb 2023 15:04
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item View Item