Penerapan Model Pembelajaran Webbed (Jaring Laba-Laba) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Sitirejo 03 Wagir

Dhenger, Sunarti (2018) Penerapan Model Pembelajaran Webbed (Jaring Laba-Laba) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Sitirejo 03 Wagir. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Dalam setiap pembelajaran diharapkan pembelajaran dipusatkan pada siswa, kesenjangan hasil belajar yang terjadi bersumber dari guru yaitu gaya belajar yang konversional sehingga siswa kurang antusias, minat belajar siswa dikelas masih rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Minat belajar memegang peran penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Webbeb (jaring laba-laba). Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar angket, lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitati dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV/A SDN Sitirejo 3 Wagir Malang tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui pada siklus 1 siswa masih belum terbiasa menggunakan model Webbed. Pada kegiatan diskusi beberapa anggota kelompok bermain sendiri, siswa masih belum berani bertanya kepada guru tentang kesulitan yang dihadapi. Hasil presentase minat belajar 70,36% kategori kurang berminat, sedangkan presentase ketuntasan hasil belajarnya 58,33%. Siklus II kemampuan siswa mengalami peningkatan pada kegiatan diskusi, hanya satu kelompok yang anggotanya bermain sendiri, sedangkan kelompok lain aktif bekerjasama dengan anggotanya, tanpa diminta guru siswa berani bertanya tentang kesulitan yang dihadapi, walaupun masih ada beberapa siswa yang merasa kesulitan, tetapi dalam siklus II presentase minat belajar 80,78% kategori sangat berminat sedangkan presentase hasil belajarnya 79,16% kategori sangat baik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Webbed dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ModelWebbed (jaring laba-laba), Minat dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 15:04
Last Modified: 23 Feb 2023 15:04
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item