Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa Dalam Menanggulangi Dampak Media Sosial Di SMP Angkasa Singosari

Wanda, Alexius Raja (2018) Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa Dalam Menanggulangi Dampak Media Sosial Di SMP Angkasa Singosari. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini dengan di tandai kemajuan tehknologi informasi seakan dunia tampah batas bagi penggunanya dalam menggunakan sesuatu yang bersifat online, terlebih khusus media sosial. Fasilitas media sosial yang sedang popular dikalanganmasyarakat adalah maraknya penggunaan berbagai fitur media sosial. Jenis fitur media sosial yang sering digunakan meliputi youtube, instagram, whatsapp, line, facebook, imo, dan masih banyak lagi, yang cukup menjamur dikalangan remaja terlebih khususnya siswa-siswi. media sosial memiliki manfaat bagi siswa-siswi dalam melakukan komunikasi dan berinteraksi, akan tetapi dalam menggunakan media sosial tersebut dapat berpengaruh negatif bagi penggunanya. Untuk itu dibutuhkan peran pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pembentukan karakter siswa dalam menanggulangi dampak media sosial di SMP Angkasa Singosari. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mengetahui: (1) peran pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pembentukan karakter siswa dalam menanggulangi dampak media sosial, (2) kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi dampak media sosial, (3) upaya yang dilakukan guru pendidikan kewarganegaraan untuk mengatasi dampak media sosial dalam pembentukan karakter siswa. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan antara lain: (1) peran pendidikan kewarganegaraan sangat penting dalam menanggulangi dampak media sosial hal ini terbukti pendidikan kewarganegaraan sebagaimata pembelajaran yang berbasis karakter pada saat pembelajaran dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran, media dan evaluasi pembelajaran menjadikan siswa tidak terpengaruh dengan dampak media sosial, (2) kendala yang di hadapi pendidikan kewarganegaraan pada saat di kelas yaitu menurunnya minat siswa dalam belajar karena sering menggunakan media sosial pada saat pembelajaran sehingga siswa- siswi tidak fokus dengan materi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang diberikan oleh bapak ibu guru, (3) upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu dengan menggunakan media, model serta sumber-sumber belajar yang bervariasi dan memberikan keteladanan. Sehingga dampak dari media sosial tersebut dapat di diatasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Pembentukan Karakter, Media Sosial
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Civics Hukum (PPKn)
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:36
Last Modified: 24 Feb 2023 03:36
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5518

Actions (login required)

View Item View Item