Peningkatan Pemahaman Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Melalui Media Gambar dan Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Siswa Kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang

HALIMATUS SAKDIYAH, SITI Peningkatan Pemahaman Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Melalui Media Gambar dan Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Siswa Kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang. Project Report. LPPM Universitas Kanjuruhan Malang.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian Halimah 2013.pdf

Download (968kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan salah satu pembelajaran sosial yang bertujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan sekitarnya, memiliki kemampuan dasar berfikir kritis dan logis, rasa ingin tahu memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupan sosial , memiliki komitmen dan kemampuan bekerjasama dan berkompetisi dengan masyarakat majemuk di tingkat lokal, nasionaL dan global (BSNP, 2006). Kecenderungan pandangan dalam pendidikan kita bahwa pengetahuan sebagai fakta-fakta yang harus dihafal. Maka hasil yang dicapai siswa hanya berupa hafalan yang diperoleh dari penjelasan guru tanpa memperoleh pemahaman yang baik dari apa yang mereka pelajari dari mata pelajaran tersebut. Pada kenyataannya proses pembelajaran yang dilakukan guru masih sering membuat siswa bosan dan tidak aktif di dalam kelas. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SDN Kebonsari 4 Malang maka media gambar dan model pembelajaran kancing gemerincing bisa dikemas dan menjadi metode yang menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan media gambar yang dapat meningkatkan pemahaman keragaman suku bangsa dan budaya (2) mendeskripsikan model pembelajaran kancing gemerincing yang dapat meningkatkan pemahaman keragaman suku bangsa dan budaya (3) untuk mengetahui peningkatan pemahaman melalui media gambar dan model pembelajaran kancing gerincing materi keragaman suku bangsa dan budaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus dengan pokok bahasan Keragaman suku bangsa dan budaya. Data dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang, yang berjumlah 42 orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Waktu pelaksanaan peneliatian mulai bulan Juli sampai November 2013. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar klasikal siswa kelas I meningkat dari 60% di siklus I menjadi 98% di siklus II, (2) Media gambar dan model pembelajaran kancing gemerincing dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga hasil belajar siswa dari 73% dengan rata-rata 73 pada siklus I menjadi 98% dengan rata-rata 90 di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar dan model pembelajaran kancing gemerincing dapat meningkatkan pemahaman siswa dan sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Artikel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SITI HALIMATUS SAKDIYAH
Date Deposited: 29 Sep 2016 03:30
Last Modified: 29 Sep 2016 03:30
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item