KESALAHAN KONSEP: INTERPRETASI HURUF DALAM ALJABAR

Hariyani, Sri (2013) KESALAHAN KONSEP: INTERPRETASI HURUF DALAM ALJABAR. Prosiding Seminar Nasional Aljabar dan Pembelajarannya. pp. 213-218. ISSN 978-602-97895-7-7

[img]
Preview
Text
[4]Prosiding Aljabar 20-4-2013.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://hpaum2013.blogspot.com

Abstract

Abstract : Letters in algebra has many definitions and can be interpreted differently, but students using letters with comprehension and logic are very limited. Understanding the correct and appropriate use letters will contribute to competence in activities related to algebra. Therefore, the algebra teachers need to be careful and use the right strategies to introduce and provide an understanding of the interpretation of letters in algebra to students. Changing students' misconceptions are key in correcting misconceptions of mathematics. Misconceptions students have changed through faith and their own cognition. Many students come to school with the intent to learn is not to vacate the conviction but with dikonstruk informal theories based on everyday experiences. In this article the author intends to diagnose faults that occur concept interpretation letter to then take appropriate action to eliminate these errors. Key Words :misconceptions, interpretation of letters Abstrak : Huruf dalam aljabar memiliki banyak definisi dan dapat diinterpretasi secara berbeda, tetapi siswa menggunakan huruf dengan pemahaman dan logika yang sangat terbatas. Pemahaman yang benar dan tepat dalam menggunakan huruf akan berkontribusi terhadap kompetensi dalam aktivitas yang berkaitan dengan aljabar. Oleh karena itu, guru aljabar perlu berhati-hati dan menggunakan strategi yang tepat dalam mengenalkan dan memberikan pemahaman interpretasi huruf dalam aljabar kepada siswa. Mengubah kesalahan konsep siswa merupakan kunci utama dalam memperbaiki kesalahan konsep matematika. Kesalahan konsep harus diubah melalui keyakinan siswa dan kognisi mereka sendiri. Banyak siswa yang datang ke sekolah dengan maksud belajar tidak dengan mengosongkan keyakinan tetapi dengan teori informal yang dikonstruk berdasarkan pengalaman sehari-hari. Dalam artikel ini penulis bermaksud mendiagnosa kesalahan konsep interpretasi huruf yang terjadi untuk selanjutnya mengambil tindakan yang tepat untuk mengeliminasi kesalahan tersebut. Kata Kunci : kesalahan konsep, interpretasi huruf

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: SRI HARIYANI
Date Deposited: 29 Sep 2016 03:31
Last Modified: 08 Nov 2022 02:19
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item