PENGEMBANGAN MODEL PPL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MAHASISWA

Huda, Choirul and Adi Susilo, Djoko (2014) PENGEMBANGAN MODEL PPL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MAHASISWA. In: Seminar Nasional 2014, Peluang dan Tantangan Perguruan Tinggi Untuk Pengembangan Riset yang Berkualitas, 14 Juni 2014, Universitas Kanjuruhan Malang.

[img]
Preview
Text
Makalah Model PPL Semnas Unikama 2014.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: unikama.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model PPL keguruan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan PPL. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan kompetensi pedagogik dan kopetensi profesional mahasiswa calon guru. Pengembangan model PPL dilakukan melalui perbaikan model penyelenggaraan PPL dan pembimbingannya. Perbaikan model penyelenggaraan PPL dilaksanakan melalui perbaikan kualitas proses pembelajaran di kelas. Mahasiswa tidak hanya praktik mengajar tetapi didahului perancangan model, metode, skenario, dan atau evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas berdasarkan temuan hasil observasi di kelas, guru, dan siswa. Sehingga mahasiswa melakukan kegiatan semi PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dikatakan semi PTK karena mahasiswa tidak melakukan PTK secara penuh. Hal ini karena mereka masih dalam tahap belajar mendidik di sekolah/praktik mengajar. Oleh karena itu, pembimbingan PPL oleh DPL lebih mengarah pada kegiatan PTK bukan pembelajaran di kelas. Pembimbingan kegiatan belajar di kelas dilakukan oleh guru pamong. Agar selaras dengan tujuan tersebut, maka evaluasi PPL tidak hanya didasarkan pada kemampuan mengajar di kelas tetapi didasarkan kepada berbagai kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan PPL. Evaluasi PPL didasarkan pada kemampuan mengajar di kelas, proposal kegiatan perbaikan pembelajaran, portofolio, kompetensi personal dan sosial, dan laporan hasil kegiatan semi PTK. Pengembangan model PPL ini dilaksanakan melalui 1) evaluasi pelaksanaan PPL yang sudah ada di lingkungan Universitas Kanjuruhan Malang, 2) perancangan draf model PPL, 3) pembahasan dengan ahli, 4) revisi model PPL, 5) uji coba model PPL, dan 6) evaluasi model PPL. Uji coba model akan dilakukan kepada tiga kelompok mahasiswa PGSD Universitas Kanjuruhan Malang yang sedang PPL. Setiap kelompok terdiri dari 10 mahasiswa. Ketiga kelompok tersebut melaksanakan PPL di tiga sekolah latihan yang berkualitas baik (akreditasi A). Berdasarkan analisis data diperoleh, 53% mahasiswa peserta PPL Setuju, 27% Sangat Setuju, 14,2% Cukup Setuju, dan 5% Tidak Setuju. Menurut peserta PPL, model PPL semi PTK lebih dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesioanl dibanding model PPL yang hanya praktik mengajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: CHOIRUL HUDA
Date Deposited: 29 Sep 2016 03:31
Last Modified: 29 Sep 2016 03:31
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item