Rahaju, Rahaju (2012) Analisis Rancangan PAKEMI Karya Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2 (3). pp. 21-29. ISSN 2088-9704
|
Text
rancangan pakemi.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Abstrak. Mahasiswa Prodi Pend. Mat. dipersiapkan menjadi guru yang dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan dengan baik jika direncanakan dengan baik. Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam membuat perencanaan pembelajaran, maka dilakukan penelitian yang bertujuan mendeskripsikan (a) model pembelajaran yang dipilih, (b) alasan pemilihan model, dan (c) cara menjabarkan langkah-langkah model pembelajaran. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mengambil populasi mahasiswa Prodi Pend. Mat. angkatan 2008. Data yang terkumpul sebanyak 27 data untuk setiap masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes esai, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara menentukan prosentase setiap jenis data. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa ada 14 model pembelajaran yang dipilih dengan rincian 12 model yang sudah baku dan 2 model yang merupakan kreasi mahasiswa dengan mengkompilasikan beberapa model. Pemilihan model didasarkan alasan bahwa model tersebut telah dicontohkan secara langsung atau melalui VCD pembelajaran. Sebanyak 85% model pembelajaran dijabarkan secara tepat sesuai dengan teori atau contoh yang dilakukan dosen.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | RAHAJU |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 03:21 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:18 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/736 |
Actions (login required)
View Item |