Yulianti, Yulianti (2016) “Te-Tela (SATEKETELA) INOVASI JAJANAN SEHAT, AMAN DAN BERGIZI TINGGI”. In: PKM Kewirausahaan, tahun anggaran 2016, Universitas Kanjuruhan Malang. (Submitted)
|
Text
140401140366_071050_Te-Tela_(Sate_Ketela)_Inovasi_.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
Ringkasan Ketela yang dulu dikenal sebagai makanan pedesaan, kini telah naik peringkat dan dikenal secara luas di dunia. Hal ini –karena telah diketahui jika ubi yang rasanya manis dan lezat ini banyak mengandung nutrisi penting bagi kesehatan. Kandungan utama nutrisi dalam ketela seperti Vitamin A, C dan E, betakaroten, magnesium, kalium dan juga kaya oksidan. Ketela belum dimanfaatkan secara maksimal. Pemanfaatan ketela hanya digunakan sebagai makanan yang cara pengolahannya masih dilakukan secara sederhana, yaitu sebagian besar masyarakat memanfaatkannya dengan cara yang masih sederhana seperti dikukus dan jauh dari kesan praktis. Hanya sedikit orang yang mengetahui khasiat dari ketela padahal ketela tumbuh subur di daerah Gunungkawi dan merupakan makanan khas dari Gunungkawi. Maka dari itu saya memiliki ide untuk mengolah ketela menjadi sate yang terbuat dari bahan yang mudah didapat, alami, sehat dan bergizi, tidak hanya itu dengan alternatif pembuatan sate ketela ini dapat menjadi salah satu produk yang mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu menciptakan produk makanan yang inovatif yang diperuntukkan bagi kesehatan tubuh dan bernilai gizi tinggi seperti sate ketela, menciptakan suatu produk inovatif yang sehat dan bergizi serta mudah dilakukan yang dapat dijadikan makanan bergizi dalam upaya media pengembangan dan alternatif pendapatan bagi masyarakat rawan miskin di daerah Gunungkawi dan membuka lapangan kerja atau usaha industri sendiri baru dalam bentuk industri baru rumahan, untuk meningkatkan kualitas jajanan dan produk dengan berbagai keunggulan ketela dari masyarakat Gunungkawi. Untuk menunjang proses pemasaran, ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk menunjang proses pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan produk ini sehingga lebih dikenal oleh masyarakat dan menjadi pilihan masyarakat dalam mengkonsumsi sate ketela tersebut. Adapun sasaran utama promosi produk ini yaitu mahasiswa UNIKAMA, dan dosen UNIKAMA dan masyarakat yang berkunjung ke daerah wisata Gunungkawi guna untuk memperkenalkan produk dari hasil kami. Media itu berupa pamphlet, spanduk, brosur, dll. Kata kunci; sate ketela, gizi kesehatan dan jajanan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora Sosial dan Humaniora > Artikel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | M.Pd YULIANTI |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 03:55 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:06 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/869 |
Actions (login required)
View Item |