KOLABORASI MEDIA GAMBAR DAN MODEL PEMBELAJARAN BOTLE DANCE PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH

HALIMATUS SAKDIYAH, SITI KOLABORASI MEDIA GAMBAR DAN MODEL PEMBELAJARAN BOTLE DANCE PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH. In: Seminar Internasional, Mei 2016, IKIPPGRI Madiun.

[img]
Preview
Text
Pemakalah_Siti Halimatus_Mei.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS tahun pelajaran 2013/2014 di kelas IV SDN Gadang 4 Malang dapat diketahui bahwa metode yang diterapkan di kelas tersebut adalah ceramah bervariasi. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan cara ceramah disertai dengan tanya jawab, memberikan latihan soal, dan memberikan PR. Dalam pembelajaran ini hanya sebagian siswa yang mendengarkan penjelasan guru, banyak siswa kurang berani dalam bertanya. Hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa rendah, sehingga hasil belajarnya juga rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang dipakai, dalam hal ini peneliti menerapkan media gambar dan model pembelajaran Botle Dance yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gadang 4 Malang. Pembelajaran kooperatif model Botle Dance adalah salah satu model pembelajaran yang mengikuti beberapa fase: (1) pembentukan kelompok secara heterogen, (2) pemberian soal dan diskusi kelompok, (3) penyampaian hasil diskusi kelompok, (4) evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Peninggalan Sejarah, dan Siklus II dengan pokok bahasan Cara Menjaga Benda-benda Peninggalan Sejarah dan Manfaat yang Diperoleh Dari Menjaga Kelestarian Peninggalan Sejarah. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 di kelas IV SDN Gadang 4 Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Berdasarkan analisis motivasi belajar siswa saat penerapan media gambar dan model pembelajaran Botle Dance pada siklus I yaitu 78,10%, dan pada siklus II yaitu 86,45 %. Peningkatan ini juga terjadi pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum penggunaan media gambar dan model pembelajaran Botle Dance ketuntasannya adalah 56,25%, pada siklus I adalah 75 %, dan pada siklus II adalah 84,37%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dan model pembelajaran Botle Dance dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gadang 4 Malang. Keyword : Media gambar, model pembelajaran Botle Dance, motivasi, hasil belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop
Depositing User: SITI HALIMATUS SAKDIYAH
Date Deposited: 22 Feb 2017 00:51
Last Modified: 22 Feb 2017 00:51
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item