Sari, Yuli Ifana PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI SMP NASIONAL KOTA MALANG. In: SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT 2016, 6 Agustus 2016, LPPM Universitas Kanjuruhan Malang.
|
Text
Prosiding Ifana & Dwi K. Semnas 6 Agustus LPPM.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Sebagian besar guru menggunakan kegiatan penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI) sebagai kegiatan pengembangan profesi. Sementara itu, tidak sedikit guru yang “merasa” kurang mampu melaksanakan kegiatan pengembangan profesinya (yang dalam hal ini membuat KTI) sehingga menjadikan mereka enggan, tidak mau, dan bahkan apatis terhadap pengusulan kenaikan golongannya. Terlebih lagi dengan adanya fakta bahwa (a) banyaknya KTI yang diajukan dikembalikan karena salah atau belum dapat dinilai, (b) kenaikan pangkat/golongannya belum memberikan peningkatkan kesejahteraan yang signifikan, (c) proses kenaikan pangkat sebelumnya dari golongan IIIa ke IVa yang “relatif lancar”, menjadikan “kesulitan” memperoleh angka kredit dari kegiatan pengembangan profesi, sebagai “hambatan yang merisaukan”. Materi pelatihan disusun didasarkan atas analisis kebutuhan peserta yang dilaksanakan melalui pelatihan dan lokakarya dengan melibatkan guru-guru. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan mereka. Dengan demikian materi pelatihan betul-betul sesuai kebutuhan dan agar pelatihannya bisa berjalan efektif dan efisien. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian adalah sebagai berikut: 1) Pelatihan, 2) Lokakarya, dan 3) Pembimbingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan adalah sebagai berikut: 1) adanya suasana kerja yang positif antar guru terutama saat mengajar di kelas dan membuat mereka lebih percaya diri, 4) karena PTK dilaksanakan secara bersamaan dengan pelaksanaan tugas mengajar maka guru memiliki peran ganda sebagai pengajar/fasilitator siswa dan sekaligus peneliti. Hal ini menjadikan semangat bekerja dari para guru, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran, 2) menumbuhkembangkan kebiasaan dan budaya meneliti dan menulis karya ilmiah terutama PTK demi meningkatkan profesionalisme guru, dan 3) adanya produk penulisan PTK yang dibuat oleh peserta saat pelatihan sehingga menjadi bahan acuan dan rencana ke depan. Kata Kunci: Pelatihan dan Penelitian tindakan kelas
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora Sosial dan Humaniora > Artikel Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop |
Depositing User: | YULI IFANA SARI |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 20:38 |
Last Modified: | 06 Jan 2017 20:38 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/983 |
Actions (login required)
View Item |