Sari, Yuli Ifana PENINGKATAN PEMAHAMAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING. In: Seminar Nasional & Workshop Pendidikan IPS dengan Tema ”Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Terpadu Kontekstual”, 12-13 Oktober 2016, Universitas Negeri Malang.
|
Text
5 Sertifikat dan prosiding PIPS UM 12-13 Okt 16.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya melalui model pembelajaran kancing gemerincing. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Classroom Action Research model Kemmis dan Taggard. Model tersebut saling berhubungan dan terdiri atas beberapa tahapan: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi, dan 4) refleksi. Apabila siklus pertama belum mencapai tujuan yang ditargetkan maka dilanjutkan dengan siklus kedua yaitu tahap perbaikan rencana, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 4 Malang pada kelas IV materi keragaman budaya. Instrumen yang digunakan antara lain: tes dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kancing gemerincing pada materi karagaman suku bangsa dan budaya dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kancing Gemerincing, Pemahaman
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora Sosial dan Humaniora > Artikel Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop |
Depositing User: | YULI IFANA SARI |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 17:53 |
Last Modified: | 20 Feb 2017 17:53 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/999 |
Actions (login required)
View Item |