PENINGKATAN PEMAHAMAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING

Sari, Yuli Ifana PENINGKATAN PEMAHAMAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING. In: Seminar Nasional & Workshop Pendidikan IPS dengan Tema ”Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Terpadu Kontekstual”, 12-13 Oktober 2016, Universitas Negeri Malang.

[img]
Preview
Text
5 Sertifikat dan prosiding PIPS UM 12-13 Okt 16.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya melalui model pembelajaran kancing gemerincing. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Classroom Action Research model Kemmis dan Taggard. Model tersebut saling berhubungan dan terdiri atas beberapa tahapan: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi, dan 4) refleksi. Apabila siklus pertama belum mencapai tujuan yang ditargetkan maka dilanjutkan dengan siklus kedua yaitu tahap perbaikan rencana, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 4 Malang pada kelas IV materi keragaman budaya. Instrumen yang digunakan antara lain: tes dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kancing gemerincing pada materi karagaman suku bangsa dan budaya dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kancing Gemerincing, Pemahaman

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Artikel
Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop
Depositing User: YULI IFANA SARI
Date Deposited: 20 Feb 2017 17:53
Last Modified: 20 Feb 2017 17:53
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item